Secuil Cerita Mencari Sesuap Nasi (Part III)



9.  PT Nippon Indo Sari (Sari Roti), Semarang.
Tau kan produk Sari Roti? Itu lho yang iklannya ada itunya. Gue dapat panggilan dari apply online buat posisi QC/QA System. Gue berangkat ke Semarang malem harinya, kebetulan gue punya saudara di sana. Dan gue kayaknya yang berangkat paling pagi deh pas seleksi, soalnya gue tanya satpamnya belum ada yang datang selain gue. Dan ternyata temen gue, sebut saja Dahlia, juga dipanggil buat seleksi. “Duh, saingan sama temen gue sendiri gini.” (buahaha, bercanda agak beneran). Iseng-iseng tanya ke peserta tes yang lain, ternyata banyak yang udah berpengalaman kerja. Bahkan ada yang menohok interviewer dengan minta gaji 5 juta (padahal mbaknya fresh graduate dan ini UMR Semarang, mending jualan OL Shop deh mba). Tahap pertama ini, kita langsung di interview sama user. Alhamdulillah, gue sama temen gue di telpon lagi buat tahap selanjutnya. Tahap selanjutnya gue dateng buat tes psikotes. Ternyata ada 5 orang yang lolos. Salah duanya gue sama temen gue, satu orang kakak tingkat gue ternyata, dua orang lagi lulusan SMK tapi sudah berpengalaman dan mas-mas yang sebelumnya punya usaha kuliner. Dan gue tinggal nunggu panggilan buat tahap selanjutnya, medical check up dan artinya lolos.
10.  PT Motasa Indonesia, Ladaku, Mojokerto.
Kenal produk Ladaku? Gue juga baru kenal pas mau datang seleksi tes di sana. Gue dapat panggilan lewat apply online di PT Motasa, gue ngelamar di bagian QC sama Produksi, tapi gue dipanggil buat posisi Produksi. Ceritanya gue gak punya saudara di Jawa Timur bagian manapun. Dan sempat ragu buat datang kesana karena lumayan jauh dan deket Surabaya. Tapi karena gue ini orangnya suka nekat, ya gue datang aja buat seleksi ke sana. Gue tanya-tanya sama temen-temen gue yang orang Jawa Timur-an, gimana kesana, naik apa, turun di mana, pakai baju apa, sepatu apa, terus ngapain ke sana. Akhrinya gue berangkat Senin malem dari Solo buat ke Mojokerto, biar sesuai rencana gue sampai sana pagi jam 8-an. Dan ternyata kalau malem bus nya jalan cuma 4 jam (harusnya 6 jam) ya gue terpaksa subuh-subuh nunggu di terminal Mojokerto, karena kalau kepagian datang perusahaannya takutnya gue dikira mau minta sumbangan. Sekitar jam 7 gue berangkat ke tempat tesnya naik bis lagi. Sampai sana udah ada 3 orang yang dateng duluan (dua di antaranya sekarang ketrima di sana). Tes pertama di sana ada tes psikotes sama logika matematika. Terus dipanggil tiap lima orang, alhamdulillah gue dipanggil 5 orang pertama (mungkin karena gue ngerjain tesnya cepet-cepet dan gue kumpulin duluan, dan salah astu dari 5 orang itu sekarang kerja di sana). Dari 5 orang tadi nunggu di ruang resepsionis dan dipanggil satu-persatu buat diinterview sama 3 orang (yang gue tahu 3 orang itu adalah Direktur PGA, Direktur Produksi, sama User alias Manager Produksi). Salah satu pertanyaan yang cukup unik adalah kamu hafal doa Qunut subuh gak?. Gue pun baca doanya dengan terbolak-balik, ya maklum soalnya kalau subuh gak pakai doa Qunut. Selesai interview gue nunggu satu orang lagi dan tiba-tiba handphone gue getar.
Liat handphone (Lho ini area Semarang)
“Halo, selamat siang, dengan Bp Bagaskara?”
“Iya benar, ini dari siapa ya?”
“Saya...dari PT Nippon Sari...Anda diterima...”
Intinya saat itu gue dinyatakan diterima kerja di sana buat posisi QA System dan udah diberi tahu soal gaji dan lain-lainnya. Gue diminta buat medical check up besok hari Kamis, kalau gak setuju sama penawarannya gue gak perlu datang, dan kalau datang artinya gue udah siap kerja di sana. Padahal gue baru aja interview di PT Motasa ini, dan gue gak cukup yakin sama interview gue barusan. Gue diajak makan siang dulu di kantin perusahaan ini, makanannya enak lagi. Gue balik ke solo dengan banyak pikiran dan pertimbangan, nanya ke sana sini enaknya gimana. Sampai gue nyari-nyari informasi UMR masing-masing kota, dan ternyata cukup jauh selisihnya (lebih tinggi Mojokerto daripada Semarang). Tapi gak ada jaminan gue ketrima di sini. Hari Rabu siang gue udah yakin mau berangkat ke Semarang buat medcheck besok. Dan semuanya berubah ketika negar api menyerang. Rabu sore gue dapat telpon kalau gue lolos seleksi PT Motasa dan lanjut ke tahap tes psikotes hari Kamis juga. Sore itu gue ngerasa pengen membelah diri biar bisa datang dua-duanya. Sampai akhirnya gue memutuskan buat gak berangkat medcek dan memilih berangkat buat tes psikotes PT Motasa Indonesia. Maaf ya, Sari Roti, gue berharap suatu saat gue bisa kerja di sana, duduk-duduk manis sambil makan roti sepuasnya.
           11.  PT Indofood Div Noodle. Gue kebetulan gak bisa berangkat tes dan gak bisa reschedule.
     12. PT Morinaga Kino, Demak. Gue gak bisa berangkat karena gue ternyata kurang tertarik.
    13. PT Ajinomoto, Mojokerto. Gue gak bisa berangkat karena gak punya duit, soalnya tes seleksi harus ke Jakarta, dan gue udah 2x ke Jakarta dan gak ada hasil. Semoga suatu saat ada kesempatan.
         14. Superindo (tes profiling di Jakarta). Gue gak bisa dateng juga, gak punya duit keluar jauh-jauh.
    15.   PT So Good Food, Nugget Division, Boyolali.
Udah dua mingguan lebih gue gak dapat kabar apa-apa dari PT Motasa Indonesia. Gue merasa nyesel udah nolak Sari Roti. Tapi ya gitu. Semua pilihan ada resikonya masing-masing, dan gue harus siap sama resikonya, salah satunya ya ini. Sambil nunggu kabar dari PT Motasa, gue coba apply lewat email buat ngelamar di PT So Good Div Nugget. Dari informasi kakak tingkat, sebut saja mbak Kenanga, di sana sedang membutuhkan Spv QC. Gue langsung apply ke email yang dikirim kakak tingkat tadi. Denger punya denger di sana lagi butuh orang untuk posisi itu secepatnya. Makanya, tes di sini termasuk cas cus cepet prosesnya. Seleksi pertama gue langsung di suruh tes psikotes sama itung-itungan dulu sama mbak-mbak staff HRD nya. Abis itu gue di suruh nunggu buat interview sama user alias manager QC nya, ibu-ibu ternyata. Gue di suruh introduce myself in english dan bahas-bahas CV kaya biasanya. Ibunya di akhir-akhir nanya, “kalau diterima bisa kerja secepetnya kan Mas?”, gue jawab aja “Pasti dong bro, kaya gak kenal gue aja”. Menunggu sekitar dua hari akhirnya gue ditelpon lagi sama So Good dan dinyatakan lolos seleksi kemarin. Terus gue diminta dateng lagi besoknya ke Boyolali buat ketemu Direktur HRD nya. Waah, gue seneng banget akhirnya gue bentar lagi kerja. Sampainya di sana gue diminta nunggu dulu karena Bapaknya lagi ada perlu sebentar, dan yang datang gak Cuma gue, ada mas-mas tapi ngelamar buat posisi Kepala Gudang. Gue dipanggil dan masuk ke ruangan beliau. Tapi kok, ini wawancara lagi kaya tahap-tahap awal, masih di suruh njelasin skripsi gue dan sebagainya. Tapi di akhir bapaknya terus bilang kalau gue diterima dan ditawari gaji sekian dengan syarat begini begitu, dan udah deal-dealan kalau besok Senin (sekarang Rabu) langsung tanda tangan kontrak dan masuk kerja. Udah salaman gue terus keluar ruangan, lho kok handphone gue bergetar, apa mungkin handphone gue juga lagi gembira tahu gue bakal kerja makanya goyang-goyang? Ternyata tidak, gue Cuma berimajinasi. Ternyata itu telpon dari Surabaya. Dari PT Motasa. Apa????
Iya dari sana ternyata, gue angkat.
“Halo selamat siang, dengan Bp Bagaskara?”
“Iya ini dari siapa ya”
“Saya Bp Irwan dari PT Motasa.......”
Intinya gue dinyatakan ketrima kerja di sana dengan penawaran seperti itu. Gue diminta buat datang tanda tangan kontrak hari Jumat ini dan mulai kerja hari Senin juga. Dan gue iyain dulu aja deh.
Sekali lagi gue bimbang dan dilema. Gue harus gimana? Apa gue harus benar-benar membelah diri? Sebenernya penawaran di So Good pun gue bilang cukup menarik. Gue sih masih pengen bisa kerja di So Good sambil nyemil Nugget So Good tiap hari kalau ada kesempatan lagi. Terima kasih buat kesempatannya.
Gak tau kenapa gue kok kepengen kerja di daerah timur (sejak masih kuliah gue udah kepengen magang di perusahaan daerah timur) dan kebetulan ini ada tawaran kerja di sana. Tapi gue tetep konsultasi kesana-kemari. Pada akhirnya gue dengan berat hati melepaskan tawaran So Good dan hari Kamis malem gue berangkat ke Mojokerto sambil bawa koper ukuran sedang. Gue pikir abis tanda tangan kontrak gue langsung cari kosan aja. Jadi gue naik bis udah kaya orang mau mudik. Bahkan gue naik ojek buat ke lokasi perusahaan sambil bawa koper segede itu. Hahahaha. Meringis juga kalau inget waktu itu.

Oke, gue udah di perusahaan itu sambil diliatin security karena satu-satunya di antara 7 orang yang datang sambil bawa koper. Ternyata beberapa orang yang dipanggil tanda tangan kontrak adalah orang-orang yang sempet gue ajak kenalan dan ngobrol bareng (Nah jadi kalau kalian pengen lolos seleksi, usahakan kenalan sama gue di lokasi seleksi, insyaallah kalian ntar ikut lolos, soalnya gue membawa energi positif) *abaikan karena ini khayalan gue aja*

Selesai tanda tangan kontrak tiba-tiba kita yang berasal dari luar kota dihampiri sama mobil perusahaan, ternyata kita dibantuin nyari kosan. Ya ampun baik banget ini perusahaannya *gue mikir gitu*. Udah gitu diajak makan lagi di kantinnya terus di kasih 2 stel baju seragam.
      16. PT Surya Madistrindo. Gue gak bisa dateng karena udah kerja di perusahaan lain.


Pada akhirnya sekarang gue udah bekerja di PT Motasa Indonesia di bagian Produksi. Gue masih dalam masa percobaan OJT alias On Job Training selama 3 bulan. Kalau gak memenuhi ekspektasi perusahaan yang langsung gue di putus kontrak. Dan denger-denger sistem OJT di sini cukup ketat, pokoknya performa gak oke ya putus kontrak. Ya mohon doanya aja ya teman-teman, kalau emang ini yang terbaik, semoga gue bisa lanjut kerja di sini.

Nyari kerja ya mirip-mirip kaya nyari nyodoh. Gue udah ngelamar kemana-mana, bahkan udah sampai tahap yang kemungkinan lolosnya besar pun pada akhirnya gak diterima juga. Ada yang udah nerima, tapi kalau hati berkata lain, kita bisa apa? Gue Cuma bisa berpegang sama beberapa prinsip gue. Percaya aja, Allah udah menjamin rejeki kita, tinggal bagaimana dan seberapa besar usaha kita untuk memperolehnya. Gak perlu khawatir, karena rejeki bisa datang darimana aja. Bahkan kalau perlu kerja di luar bidang keilmuwan kita juga gak masalah, selama kita nyaman. Mau jadi wirausahawan juga baik banget. (Tapi jangan juga  memaksakan semua orang buat berwirausaha juga. Gak semua orang punya skill berwirausaha. Kenapa gue nulis gini? Karena kadang gue agak risih denger ada orang yang bilang “Enakan jadi berwirausaha, meskipun pendapatan sedikit tapi gak jadi kacung orang lain” atau “Mari berwirausaha karena karena Indonesia butuh orang-orang berjiwa wirausaha” lah kalau gitu siapa yang mau jadi guru? Dokter? Polisi?. Tiap orang kan punya passion masing-masing, biarkan lah kami bekerja pada orang kalau itu membuat kami senang). Jangan takut saingan sama temen sendiri, kalau ada informasi ya saling berbagi, rejeki gak bakal ketuker, toh kalau orang lain yang dapat kerjaan dari informasi kita, kita juga ikut seneng kan?. Boleh lah pilih-pilih kerjaan (kalau ada pilihan), tapi tetap harus siap menerima resikonya, karena tiap pilihan pasti ada plus-minusnya. Baru ini yang bisa gue share di sini. Gue lagi berusaha biar lolos OJT dulu nih. Ya beginilah usaha gue demi mencari sesuap nasi dengan keringat sendiri. Semoga ntar bisa sharing lagi pengalaman yang lain. Buat yang belum beruntung dapat pekerjaan, jangan menyerah ya, pasti ada aja rejekinya kalau kita terus berusaha. Salam bahagia, sobat spongebob!


(((UPDATE : Buat yang ingin tanya-tanya bisa ke IG aja biar lebih flexi di @baragaskar)))

Comments

  1. mas bagian produksinya jadi QC juga? mau share dong mas kalau jadi QC kita ngapain aja? soalnya saya masih fresh graduate saat ini sedang melamar di indofood untuk QC. gg ada bayangan sama sekali. khawatir saat kerja kebingungan

    ReplyDelete
  2. Ya ampun mas ceritanya mengharukan.. ku jadi merasa perjuanganku blm apa apa 😂

    ReplyDelete

Post a Comment